Kamis, 26 Desember 2019

Ke Malang yuk

Libur sekolah semester pertama - 2019

Sedari bulan Agustus kemarin, kami sudah merencanakan liburan sekolah mas Kiano untuk pergi ke rumah Uti dan Akungnya di Malang - Jawa Timur..
Walau agak berantakkan dari planning awal, yang harusnya kami bisa berangkat bersama - sama nyatanya nanti kami perginya ga bisa bersamaan..

Ayah dan mas Kiano berangkat tanggal 27 Desember 2019,
Buna, adik Uta dan Mamak (ibu pengasuh mas & adik) kami berangkat tanggal 30 Desember 2019.
Karena Buna masih ada satu dan lain hal (alias meminimalisir minus point di kantor) mohon maklum..

Untuk perjalan ke Malang kali ini kami pilih jalur darat yaitu Kereta, dikarenakan tiket Pesawat yang sudah berkisar diharga 1 jutaan untuk keberangkatan di tanggal tersebut, lagi pula beberapa pertimbangan lainnya.. 
Kalo mau dapat tiket Pesawat murah, tipsnya adalah beli 6 bulan sebelum keberangkatan, insha Allah dapet harga yang paling terjangkau alias mursidah (murah banget asli dah).. Lagipula adik Uta yang usianya 2 tahun lebih sudah diwajibkan beli tiket Pesawat, kalau transportasi Kereta anak dengan usia di bawah 3 tahun masih FREE guys, jadi masih bisa dipangku sayang sama Orang Tuanya.. Untuk itu, tiket jatahnya adik Uta, kami belikan untuk Mamak, jadi Mamak bisa ikut nikmatin liburan juga..
Mamak sudah membantu kami dalam mengasuh mas Kiano & adik Uta sedari mereka berusia 1,5 bulan (disaat Buna sudah aktif masuk kantor setelah melahirkan).. Hadiah ikut pergi liburan ke Malang dirasa worth it untuk Mamak..

Yuk simak persiapan liburan Kami,

1. Jaga Kesehatan
Kesehatan nomor satu ya bu ibu,
Mas dan adik paling suka minum dingin, padahal di rumah, kami tidak menyediakan air dingin dalam kulkas, tapi di rumah Mamaknya mereka minumnya air dingin.. jadi was was kan ya, karena kalau anak sakit pas lagi liburan kan bisa ga maksimal liburannya,, apapun itu sih, kalau anak sakit mereka jadi butuh istirahat pastinya, dan akhirnya bisa jadi ga bisa kemana - mana.. Pokoknya kesehatan harus dijaga untuk semua anggota keluarga..

2. Packing baju
Karena bulan Desember ini agak rainy gitu, jadi Buna bawa beberapa pakaian hangat untuk mas dan adik, Buna bawain jacket/sweater yang ada hoodienya, jadi bisa buat tutupan bagian kepala, Untuk packing baju yang Buna bawa adalah :

- Baju tidur (mas & adik)
- Baju pergi
- Baju renang (mas & adik : permintaan Uti, hehehe)
- Kaos kaki
- Kaos dalam (mas, adik, ayah)
- Celana dalam
- Sandal santai (mas, adik)
- Kerudung & inner (only buna)
- Sarung (adik)

Untuk jumlah berapa stel dan pasangnya semua sudah disesuaikan dengan berapa lama waktu yang dihabiskan pada saat liburan,
Biasanya kalo Buna, untuk baju sudah dijadikan satu atasan dan bawahannya jadi nanti Ayah (pada saat Buna belum dateng) ga bingung dan tinggal ngambil 1 set gitu.
Buna dan Ayah ga bawa peralatan shalat, baju tidur dan handuk, karena di rumah Uti dan Akung sudah ada.
1 Koper baju dan 1 Tas baju akan di bawa oleh Ayah dan mas Kiano, jadi sewaktu Buna pergi dikloter kedua nanti udah ga bawa apa apalagi.


3. Packing peralatan pendukung
Inilah yang kami bawa :

- Minyak telon
- Bedak bayi
- Baby hair lotion
- Baby lotion
- Shampo & baby bath
- Pasta gigi bayi
- Sisir anak
- Sikat gigi (all)
- Deodoran (ayah & buna)
- Pencuci muka (ayah & buna)
- Make up (di traveling bag)
- Tissue basah & kering
- Diapers (adik, pada saat di perjalanan)
- Plastik kecil
- Cotton bud
- Gunting kuku
- Kunciran
- Jarum Pentul

Sabun dan shampo dewasa ga kami bawa karena di rumah Uti n Akung pasti sudah tersedia, cuma untuk pencuci muka kami bawa masing - masing.. Buna bawa plastik kecil untuk jaga - jaga jikalau adik Uta BAB di perjalanan nanti, diapernya dimasukkan ke plastik tersebut, biar ga bau dan ga jorok.. Oia untuk stock diapers dan susu UHT Buna ga bawa dr rumah, nanti beli di Malang aja.


4. Makanan
Makanan untuk diperjalan, biasanya snack, susu, permen mint, dan air mineral.. Untuk makanan yang berat (nasi dsb) bisa dibeli di Kereta, biar pas di makan masih hangat - hangat..

5. Obat - obatan
Ini biasanya suka lupa nih bu ibu, tapi ini salah satu yang penting, untuk jaga - jaga..
Kalau si anak sakit pada saat liburan, daripada beli obat lagi, lebih hemat membawa obat - obatan dari rumah.. misalnya obat Flu, Batuk, Demamnya mereka.. Kalau Ayah sukanya bawa sirup penghilang masuk angin di dalam tasnya pasti selalu ada..

6. Sneakers
Kami pilih memakai sneakers, agar leluasa dalam beraktifitas. 

Kira - kira itu bawaan keluarga Kami :)

Tips sebelum berangkat liburan dari Buna,

1. Bersihkan rumah
Jadi sewaktu kembali dari liburan, rumah sudah bersih dan bisa beristirahat.

2. Lepas sprei
Biasanya Buna buka sprei dan sarung bantal, dan di taru di box laundry, nanti ketika datang dari liburan tinggal ambil dan pasang sprei yang baru.

3. Cabut selang gas dan stop kontak yang tak perlu

4. Matikan beberapa lampu
Nyalakan lampu yang penting saja, seperti lampu teras, kebetulan lampu teras di rumah kami memakai sensor cahaya, jadi kalau agak gelap lampu otomatis akan menyala, begitupun sebaliknya.

5. Jangan menampung air
Kecuali air di toren ya bu.

6. Semprot obat serangga
Semprot obat serangga di kamar mandi dan kamar tidur.

7. Tutup semua pintu
Pintu dapur, kamar mandi, kamar tidur.

8. Mengunci rumah dan pagar
Untuk pagar kunci dengan gembok.

9. Periksa semua kembali
Check semua kembali ya bu.

10. Pamitan
Pamit dengan tetangga dan satpam di rumah, sekalian nitip rumah, hehehe..

Sekian sharing dan tips dari Buna, semoga bermanfaat untuk semua, aamiin  :)

Jazakumullah Khairan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar